Oleh: gispala | Mei 15, 2011

Gunung Manglayang: Menara Penjaga di Timur Legenda Sangkuriang


Gunung Manglayang 1818 mdpl

Namanya tidak setenar gunung lainnya namun sebenarnya daya tarik dan pesona Manglayang tidak kalah. Mendaki Manglayang dapat ditempuh secara singkat. Jika tidak mau bermalam, anda dapat mendaki pagi dan kemudian turun sebelum hari gelap. Gunung ini merupakan menara penjaga di timur rangkaian gunung Legenda Sangkuriang – Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul.

Dari sekitar puncak Manglayang, dapat terlihat bagian cekungan Bandung purba. Saat malam, cahaya lampu-lampu Jatinangor, Bandung dan sekitarnya begitu memesona.

Dari Puncak Timur, dapat terlihat kawasan Jatinangor dan pegunungan di sekitarnya. Terlebih malam saat cuaca cerah. Walaupun tingginya kurang dari 2.000 mdpl, namun medannya cukup menantang dan melelahkan. Trek jalur timur Manglayang miring 45 – 75 derajat, nyaris tanpa bonus atau jalur landai.

Jalur utama pendakian, kawasan Batu Kuda terdapat batu-batu seperti kuda

Dari Puncak Timur menuju puncak Manglayang, hutannya masih cukup asri. Puncak Manglayang cukup luas dan teduh dengan rimbunnya pepohonan. Di puncak juga terdapat sebuah makam keramat.

Pendakian melalui Jalur Batu Kuda cukup unik. Di kawasan ini terdapat batu-batu besar berserakan dengan bentuk khas. Ada yang seperti kuda, lawang atau pintu, dan sebagainya. Berkemah di antara hutan pinus kawasan Batu Kuda juga terasa menyegarkan.

Jalur Pendakian
Ada beberapa jalur pendakian yang umum dilalui, di antaranya adalah melalui Wanawisata Situs Batu Kuda, Kab. Bandung; Palintang, Ujung Berung, Kab. Bandung; dan Bumi Perkemahan Kiara Payung lalu menuju Desa Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor, Kab. Sumedang. Mendaki melalui Wanawisata Situs Batu Kuda, dapat melapor di gerbang wanawisata.

Informasi Umum

Tinggi : 1.818 mdpl
Lokasi Administrasi: Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang
Kota Terdekat: Jatinangor dan Ujung Berung
Waktu Pendakian: 3-4 jam dari titik awal pendakian hingga puncak gunung

Tulisan Lainnya :

About these ads

Responses

  1. salam kenal,
    sy pernah berkunjung ke gn Manglayang skitar th 2000an. ada satu spot yg subhanalloh, bandung view benar2 keliatan. cesdung pokonamah. tp sy lupa lagi lewat jalur mana. maklum, wktu itu malam dan kami sebenarnya nyasar :D. namun beruntung bs nyasar ke spot tsb. ciri2nya ada tebing batu setinggi lebih kurang dua meter. dr atas btu bisa keliatan Bandung view anu ajib pisan.

    siapa thu ada juga yg pernah ke spot tsb dan bisa share posisi pastinya dmn. coz someday, sy ingin berkunjung lagi ke sana.

    thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.256 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: