Oleh: gispala | April 30, 2011

Kesuksesan Besar itu Diraih Dengan Gempuran Kegagalan


Rumus Sukses menurut Albert Einstein : X + Y + Z = Sukses !!

X = Kerja Keras
Y = Hiburan

Z = Tutup Mulut Kerja Keras:
George Allen mengatakan, “Kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan bergantung pada perjuangan hidup kita. Hal besar bukanlah apa yang terjadi dalam hidup kita, tetapi apa yang kita kerjakan untuk membuat sesuatu terjadi dalam hidup kita.”

Keinginan semata tidak akan mengubah apapun. Bekerjalah dengan apapun yang ada di hadapan Anda, jika ingin mengubah segala sesuatu menjadi lebih baik.

Hiburan:
Hiburan bagi kesegaran jiwa dan tubuh, sama pentingnya dengan bekerja keras menghasilkan materi. Keduanya harus diseimbangkan. Berliburlah sekeras Anda bekerja. Lauangkan waktu, untuk menikmati sejuknya pegunungan, indahnya tepi laut, atau hingar bingarnya mall dan kafe, bersama pasangan, keluarga, dan sahabat Anda.

Tutup Mulut:
Kebanyakan masalah yang dihadapi seseorang, bersumber dari ketidakmampuannya menutup mulut. Southey berkata, “Kata-kata seperti sinar matahari. Makin banyak, akan semakin membakar.”

“Kesulitan selalu muncul saat kita berhadapan dengan orang yang selalu berkata melebihi apa yang ia tahu.” (Lambert Jeffries)

Untuk benar benar menjamin datangnya kesuksesan Anda, maka selain mengikuti rumus di atas, juga perlu kiranya mengasah spiritualias kita, karena sukses juga bergantung pada campur tangan Tuhan.

3 Prinsip Sukses dalam Karier dan Bisnis

Banyak literatur yang membahas mengenai langkah langkah atau tips untuk meraih sukses dalam karier dan bisnis. Seringkali tiap ulasan memberikan pendekatan yang berbeda beda. Namun dari ulasan yang berbeda beda tersebut, mengandung intisari atau prinsip yang sama atas kesuksesan. Dan bila diringkas, hanya ada 3 langkah yang pasti untuk mencapai keberhasilan baik dalam karier di pekerjaan maupun di dunia bisnis.

Ketiga langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. ABSORB THE PAIN
Keahlian, keberhasilan, prestasi puncak atau apapun namanya, tidak dapat dibangun dalam waktu semalam. Orang-orang yang ahli atau berprestasi dalam bidang apapun, entah olah raga, seni, professional, bisnis, atau akuntan, mereka semua memiliki kesamaan. Mereka semua, tanpa terkecuali, telah melalui proses yang panjang, melelahkan, dan seringkali menyakitkan. Kenapa menyakitkan?

Karena dalam berproses, mereka seringkali membuat kesalahan, mengalami kemunduran, dan hal hal yang tidak menyenangkan lainnya. Shoichiro Honda, pendiri Honda Motor Company, salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, dalam salah satu biografinya menceritakan bahwa pada suatu saat ada wartawan yang bertanya kepadanya, “Bagaimana perasaan Anda, setelah mengetahui Honda menjadi salah satu produsen otomotif terbesar di dunia?” Dengan lugas, Honda menjawab: “Sebagian besar orang hanya mengetahui kesuksesan saya. Padahal itu hanyalah 1 % dari perjalanan hidup saya. Sedangkan 99% sisanya adalah cerita tentang kegagalan saya”.

Dan memang tidak ada jalan pintas untuk mencapai keahlian, keterampilan puncak atau keberhasilan. Jadi, sukses menuntut kemampuan kita untuk menerima dan menyerap segala bentuk kegagalan dan kepedihan….

Tips untuk bertahan dalam menghadapi itu semua adalah:
1. Cintai profesi Anda, bukan perusahaan tempat Anda bekerja
Bila kita mencintai profesi kita, maka segala sesuatu akan kita lakukan dengan senang hati.
2. Tentukan impian Anda
Dengan impian yang jelas, kita menjadi lebih tegar dalam menghadapi tantangan, dan memiliki sikap pantang menyerah.

2. DEFLEC THE CREDIT
Dalam bidang apapun, apakah karier di pekerjaan atau di dunia bisnis, sukses membutuhkan kerjasama dan dukungan dari orang atau pihak lain. Kita tidak bisa sukses sendirian.
Untuk naik jabatan di kantor, kita butuh dukungan dari anak buah dan butuh promosi dari atasan. Untuk berhasil dalam bisnis, kita butuh dukungan dari supplier, dari konsumen, ataupun dari rekanan bisnis kita

Oleh karena itu, di setiap kesempatan, selalu sampaikan pujian dan penghargaan kepada orang-orang di sekitar kita. Demikian pula sebaliknya, bila kita menerima penghargaan atau pujian dari orang lain, jangan lupa untuk meneruskan penghargaan tersebut kepada orang-orang yang telah bekerja keras untuk kita: apakah mereka bawahan atau staff kita di kantor, atau karyawan kita sendiri, atau rekanan bisnis kita.

Pastikan Anda selalu bermurah hati dalam memberikan pujian dan penghargaan kepada orang lain.

3. SHARE THE JOYS
Tidak ada orang yang ingin bekerjasama dengan orang yang muram. Setiap orang mendambakan kebahagiaan dan keceriaan dalam hidupnya. Jadilah orang yang selalu diingat sebagai orang yang ceria.Pastikan bahwa setiap orang yang telah berurusan dengan Anda, memiliki kesan yang menyenangkan tentang diri Anda, dan diri mereka sendiri. Dengan begitu, tanpa Anda sadari, Anda telah menarik hal hal dan teman teman positif yang selalu siap untuk melesatkan Anda ke puncak…(fn/i2d)

Tulisan Lainnya :


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: