Oleh: gispala | Mei 4, 2011

Persiapan Mantap Sebelum Ber-Arung Jeram (Rafting)


Anda akan rafting satu hari bersama teman-teman anda dan anda belum pernah sama sekali mengenal rafting, yang anda tahu hanyalah rafting itu naik perahu di sungai yang berarus deras. Berikut sedikit tips dari highcamp mengenai peralatan yang anda butuhkan. Pada umumnya operator rafting di Indonesia sudah mempersiapkan dan menyediakan peralatan pendukung bagi tamunya tapi hanya dalam kapasitas standar. Jadi tidak ada salahnya anda melengkapi diri anda serta mempersiapkannya agar liburan akhir pekan anda menikmati rafting bisa berjalan mulus dan membuahkan kenangan yang akan membuat anda kembali lagi.

PERALATAN YANG DISEDIAKAN OLEH OPERATOR RAFTING
Helmet pelindung kepala
Pelapung
Dayung
Perahu

PERALATAN TAMBAHAN YANG ANDA SIAPKAN SENDIRI

PAKAIAN
Untuk diperahu sebaiknya anda memakai celana pendek katun, jangan yang terlalu tebal. Atau anda bisa juga memakai celana senam yang ketat, karena jika basah sekalipun tidak menghalangi pergerakan anda. Hindari memakai bahan dari jeans. Kaos adalah pilihan yang tepat, baik lengan panjang maupun lengan pendek terserah sama anda. Akan lebih baik lagi jika anda memakai pakaian jaket khusus untuk rafting yang biasanya terbuat dari bahan Drytec atau Hydro Breeze, tapi memang harganya sedikit mahal.

ALAS KAKI
Sandal gunung adalah pilihan yang tepat, karena melekat erat pada kaki, tapi ada sedikit kekurangannya yaitu sering kali kerikil kecil menyelip diantara telapak kaki dan sandal yang kadang menggangu kenyamanan, selain sandal gunung anda juga bisa memakai sepatu khusus yang didesain untuk olahraga air ini. Bisa anda jumpai di toko sepatu.

TOPI
Ini adalah tambahan tergantung anda, tapi sebaiknya dibawa yang tidak terlalu tebal dan bisa pas dipakai dalam helmet.

DRY BAG
Dry bag adalah tas khusus yang terbuat dari bahan Drytec dan memang dirancang khusus untuk olahraga air. Ada juga beberapa operator rafting yang menyediakan untuk tamunya, tapi tidak ada salahnya jika anda juga mempunyai yang ukuran kecil untuk menyimpan satu pakaian salin (jika dibutuhkan) anda serta makanan kecil dan minuman yang mungkin anda butuhkan. Atau anda bisa juga memakai kantong plastik tebal yang diikat dengan rapat. Yang perlu anda perhatikan adalah jangan lupa untuk mengikatkannya pada perahu, agar tidak terlempar kesungai.

KANTONG PLASTIK KECIL
Siapkanlah beberapa kantong plastik kecil yang akan anda gunakan untuk menyimpan benda-benda kecil seperti dompet, handphone, rokok dan lain-lain. Walaupun anda mempunyai dry bag, tidak ada salahnya anda memasukan dulu semua benda kecil itu kedalam katong plastik dan baru menyimpannya dalam dry bag.

TOILET KIT
Anda akan membutuhkannya diakhir perjalanan rafting anda, seperti: sabun, shampo, sikat gigi, odol, handuk kecil dan lain-lain. Jangan lupa menyimpannya dalam plastik atau dry bag.

CAMERA

Jika anda mempunyai camera tahan air jangan lupa untuk membawanya, atau camera poket biasa, dan anda akan membutuhkan cover tahan airnya yang sekarang sudah banyak dijual pada toko-toko alat outdoor on-line. Jika anda tidak mempunyai cover tahan air, sebaik jangan membawa camera anda. Beberapa operator arung jeram telah menyiapkan photographernya pada jeram-jeram yang mempunyai sudut pemotretan yang bagus, anda hanya tinggal menebus photo-photo yang diambil oleh photographer tersebut di akhir perjalanan anda.

Daftar peralatan diatas hanya secara umum, tidak menutup kemungkinan untuk anda tambahkan sesuai dengan kebutuhan perjalanan anda.

Tulisan Lainnya :


Responses

  1. nais inpo


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: