Oleh: gispala | Juni 11, 2011

Gunung Gede: Gunung Favorit Para Pendaki dan Peneliti


Puncak Gede 2958 mdpl

Gunung Gede adalah gunung paling ramai dikunjungi untuk pendakian. Hampir setiap akhir pekan, gunung ini tidak pernah sepi. Bahkan tidak sedikit turis mancanegara datang mendakinya. Gunung api stratovolcano yang masih aktif ini merupakan salah satu gunung yang memunyai keadaan serta kekayaan alam yang unik. Tidak mengherankan jika gunung ini menjadi laboratorium alam yang menarik minat para peneliti.

Sungai-sungai berair deras, air terjun, air panas, dan danau merupakan sebagian dari kekayaan kawasan ini. Bahkan saat mendaki hingga ke puncak, anda akan menjumpai pemandangan luar biasa dan menakjubkan.

Dinding-dinding kawah yang megah dan berlapis-lapis mengelilingi kawahnya yang semiaktif memperlihatkan bagaimana kedahsyatan letusan-letusan sebelumnya. Dari puncaknya juga dapat terlihat kerucut Gunung Pangrango. Berikut ini beberapa tempat menarik yang dilalui melalui Jalur Cibodas:

1. Telaga Biru

Telaga Biru

Danau kecil yang berada sekitar 1.5 km dari pintu masuk Cibodas. Ganggang biru di dalamnya menyebabkan air danau tampak kebiruan tatkala diterpa sinar matahari.

2. Air terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum

ini merupakan satu dari nama tiga air terjun yang saling berdekatan. Ketiga air terjun berketinggian sekitar 30-40 meter ini terbentuk dari tiga aliran sungai bernama Sungai Cibeureum, Cidendeng, dan Cikundul. Sejenis lumut merah pada dinding batu menyebabkan kawasan ini dinamakan “Cibeureum” yang dalam bahasa Sunda berarti “merah”.

3. Air Panas

sungai air panas gunung gede

Merupakan air terjun dan sungai berair panas yang bersumber dari air yang dipanaskan lava di bawah permukaan tanah (hasil dari letusan tahun 1747) Kandang Batu dan Kandang Badak : lokasi nyaman, luas serta sumber air bersih yang cukup membuat tempat ini cocok untuk berkemah, pengamatan tumbuhan dan satwa.

4. Puncak dan kawah Gunung Gede

Puncak dan Kawah Gunung Gede

melihat matahari terbit merupakan pengalaman yang sulit dilupakan tatkala berada di puncak Gede. Hamparan Kota Cianjur, Bogor, dan Sukabumi terlihat dengan jelas. Hal menarik lainnya adalah atraksi geologi berupa tiga kawah aktif.

5. Alun-alun Suryakencana

Alun-alun Suryakencana

dataran luas sekitar 50 hektare yang ditumbuhi tanaman edelwies. Saat musim berbunga, kawasan ini terlihat cantik dengan putihnya bunga edelweis.

JALUR PENDAKIAN

Ada tiga jalur pendakian dengan batas maksimum jumlah kuota pengunjungnya, yaitu: Jalur Cibodas (300), Jalur Gunung Putri (100), dan Jalur Selabintana (100). Selabintana merupakan jalur terpanjang dengan waktu tempuh pendakian sekitar 7,5-9 jam. Waktu yang dibutuhkan untuk pendakian dari semua jalur umumnya 2 hari. (HA/MountMag)

INFORMASI UMUM

Tinggi : 2.958 mdpl
Posisi Geografis : 106º51’ – 107 º02’ BT dan 64º1’ – 65 º1’ LS
Lokasi Administrasi : Kab. Cianjur dan Kab. Sukabumi
Kota Terdekat : Cianjur
Waktu Pendakian : sekitar 6-7 jam melalui Jalur Cibodas atau 5-6 jam melalui Jalur Gunung Putri dan 7,5- 8,5 jam melalui Jalur Selabintana

Tulisan Lainnya :


Responses

  1. nile


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: